Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang keberhasilannya sangat tergantung dengan kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, penyedia jasa layanan ini dituntut untuk mampu mengadaptasi teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas layanan dalam bisnis mereka.
Salah satu teknologi terbaru yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan adalah Internet Protocol television (IPTV). Berbeda dengan TV biasa, IPTV adalah jenis televisi yang menggunakan jaringan internet untuk mentransmisikan data dari perusahaan broadcasting kepada pemirsa.
Hal ini bisa mengakibatkan dua hal. Pertama, IPTV tidak hanya bisa menyajikan tayangan dari kanal broadcasting konvensional, seperti SCTV, Indosiar atau RCTI, tetapi juga bisa menyajikan tayangan dari kanal broadcasting digital, seperti YouTube dan Netflix. Selain itu, pemirsa juga bisa memilih tayangan yang mereka sukai terlepas dari jam penayangan tayangan tersebut.
Berikut ini beberapa keuntungan memasang IPTV di sebuah hotel baik untuk pengelola hotel tersebut maupun untuk tamu atau pelanggan:
Berbeda dengan televisi biasa yang hanya bisa menyajikan tayangan yang sedang on-air, sebuah IPTV memungkinkan tamu untuk menyaksikan 3 jenis tayangan, yaitu:
Selain konten yang lebih variatif, kualitas audio visual IPTV juga lebih baik dibandingkan dengan TV biasa. Dengan TV ini, tamu bisa menyaksikan acara televisi kesayangan mereka dengan kualitas HD dan 4k. Mereka juga tidak perlu khawatir dengan gambar yang blur atau adanya noise (semut di TV) akibat adanya kendala pada kabel, jaringan atau jam tayang.
Sederhananya dengan IPTV, tamu bisa menonton film, acara TV dan pertandingan kapanpun yang mereka inginkan dengan tanpa takut adanya gangguan pada kabel. Hotel hanya perlu menyediakan jaringan listrik dan internet yang aman dan lancar dengan dedicated internet.
Dalam hal ini, peran WiFi di hotel menjadi sangat penting. Sebab, internet yang stabil dan cepat menjadi penentu utama dalam kelancaran layanan IPTV.
Tidak hanya tayangan TV dan VOD, IPTV juga memungkinkan tamu untuk memesan layanan hotel dengan lebih praktis. Hanya dengan remote control, tamu bisa mengetahui menu makanan yang disediakan oleh pihak hotel dan langsung memesan untuk in-room dining.
Tamu juga bisa mengetahui informasi dasar dan terbaru mengenai hotel tersebut. Misalnya, informasi promo, lokasi tempat wisata terdekat, in-room services dan lain sebagainya. Lebih lanjut lagi, IPTV juga bisa diakses melalui laptop maupun handphone. Akibatnya, pelayanan untuk tamu pun menjadi semakin mudah.
Jika tamu bisa menyaksikan konten favoritnya dan mengakses layanan hotel kapanpun yang mereka mau, tentu kepuasannya akan meningkat. Apalagi jika koneksi internet di hotel tersebut lancar jaya.
Tamu yang puas dengan layanan hotel adalah mitra yang sangat berharga untuk hotel tersebut. Mereka tidak hanya bisa datang kembali dan menambah pendapatan hotel dalam jangka panjang, tetapi juga bisa mempromosikan hotel kepada orang lain dari mulut ke mulut (word of mouth). Tentunya, testimoni-testimoni baik seperti ini juga bisa menjadi strategi promosi hotel baru yang cukup efektif.
Misalnya, tamu A pernah menginap di hotel Anda dan puas dengan layanan yang Anda berikan. Bisa jadi tamu A akan merekomendasikan hotel tersebut kepada calon tamu B jika dia ingin bepergian ke kota tempat hotel Anda berada.
Tahukah Anda jika biaya untuk menjalin hubungan baik dengan tamu yang datang lagi dan lagi jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya pemasaran untuk menjangkau tamu baru?
Dilansir dari Harvard Business Review, biaya untuk mendapatkan customer baru bisa 5-25 kali lebih mahal dibandingkan dengan mempertahankan customer lama (tergantung dengan jenis industri). Ini artinya, apabila biaya untuk mempertahankan seorang tamu lama sekitar Rp1.000.000, maka biaya pemasaran untuk mendapatkan seorang tamu baru bisa sebesar Rp5.000.000 hingga Rp25.000.000.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan layanan hotel dengan menyediakan IPTV di kamar, dapat menekan biaya pemasaran hotel tersebut hingga 25 kali lipat.
Tidak hanya bisa menekan biaya pemasaran, peningkatan jumlah tamu setia juga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Menurut penelitian dari Frederick Reichheld dari Bain & Company pada tahun 2014, peningkatan jumlah pelanggan setia sebesar 5% dapat meningkatkan keuntungan 25% hingga 95%.
Katakanlah jumlah tamu yang datang berulang kali ke hotel Anda naik dari 500 orang menjadi 525 orang. Maka, laba hotel tersebut bisa naik daik dari Rp10.000.000 menjadi Rp12.500.000 (25%) hingga Rp19.500.000 (95%).
Hal ini karena tamu yang puas bisa melakukan pembelian berkali-kali, meningkatkan nilai pembelian (spending value), merekomendasikan hotel Anda kepada orang lain dan tentunya menekan biaya pemasaran.
IPTV dapat didesain sedemikian rupa supaya bisa menampilkan konten-konten promosi hotel baik itu untuk tamu maupun pengunjung hotel. Tamu bisa mengetahui informasi promo terbaru dengan mengklik menu promo atau iklan baris yang tampil di IPTV di dalam kamar mereka.
Adapun pengunjung hotel, bisa menyaksikan konten-konten promosi ini melalui IPTV yang dipasang di lobby maupun restoran-restoran yang tersedia di hotel tersebut. Dengan demikian, sedikit banyak mereka akan tertarik untuk menginap di hotel tersebut atau membeli produk-produk F&B di dalamnya.
Dapatkan IPTV dengan kualitas terbaik di Corporate TV Link Net. Corporate TV Link Net dilengkapi dengan TV berkualitas 4k dengan audio terbaik dan pilihan channel yang variatif. Anda tidak perlu khawatir soal jaringan internet! Sebab, Corporate TV Link Net juga dilengkapi dengan fiber optic yang memastikan koneksi lancar jaya tanpa terputus.
Ada pertanyaan atau kendala teknis? Jangan khawatir! Tim dukungan teknisi profesional Link Net siap membantu Anda kapan saja dan dimana saja. Siap tingkatkan profit hotel Anda?! Yuk gunakan Corporate TV dari Link Net!